Terasing 

Puisi Terasing, 403 kata

Picture from : http://www.behance.net, Design by : Picsart,  Words by : Cinta1668

 

Terasing oleh Cinta1668

Pernah tidak merasa terasing di tengah keramaian?

Rasa hati…ingin sekali berbaur. Menyatu dengan anak kecil yang bermain balon sambil memegang ice cream. Ia yang sedang menunggu ibunya yang tak juga kembali dari minimarket terdekat untuk membelikan cotton candy dan lolipop kesukaan si anak kecil.

Duduk bersama pemuda tampan yang rupawan. Ia yang kupikir adalah mahasiswa semester 5 yang bekerja part time sebagai pengamen. Pengamen yang pintar, dengan gitar akustiknya ia menadakan syair-syair puisi khas mahasiswa tentang tema sosial, pilitik, dan perdamaian. Ingin kudekati ia, dan tiba-tiba saja pada nada petikan gitar tanpa ia berpuisi, aku melagu. Lagu yang benar-benar spontan. Lalu tanpa sadar, kami menyatu dalam alunan musik, lagu, dan puisi. Perkenalan tak lagi penting karena musiklah yang menyatukan hati untuk saling mengerti. Lalu, jika kami beruntung…akan serta-merta muncul riuh tepuk tangan dari pengunjung taman kota yang tak sengaja mendengarkan.

Atau…sekedar berlari-lari kecil menyeberangi jalan raya pantura. Lalu tergopoh-gopoh menghampiri kakek tua yang sedari tadi kulihat kebingungan antara ingin menyeberang jalan atau tidak. Aku harap hadirku mampu menghapus ragunya dan memutuskan untuk “menyeberang”.

Ah, ada lagi. Aku akan bergabung dengan penyapu jalan. Ibu-ibu tua yang tetap bersemangat menyapu jalanan dengan peluh dan keringat mengucur di badan. Membawakan beberapa botol air mineral dingin. Kadangkala ada perasaan aneh yang bersijingkat dalam diri. Harus merasakan apa yang mereka rasakan dulu. Baru aku bersyukur, baru tahu rasanya bertafakkur. Dan point plus-nya, aku bisa melihat senyum tulus mereka saat berterimakasih.

Dan terakhir… aku akan bergabung dengan segerombolan anak breakdance. Agak gila memang, tapi aku ingin mencobanya. Meliuk-liukkan anggota tubuhku bersama mereka. Melepaskan semua perasaan lewat musik hip-hop dan R & B. Aku tak pernah melakukan ini. Tapi mengkhayalkannya saja terasa menyenangkan. Nyatanya, aku bisa tertawa!

Ya, aku merasa terasing hampir seperti hilang malam ini. Cinta1668 yang khas dengan cerita patah hati ini memutuskan ingin move-on. Lalu dia bingung, apa yang harus ia posting?

Ya sudahlah…berbekal lagu Secret Love Song ini aku bisa mengkhayalkan mereka. Bukan kekasih. Aku bisa berdansa dengan para breakdancer yang kemudian menghadiahiku sebuah ciuman di pipi. Merasa memiliki pengamen meski tanpa perkenalan barang sejenak, mungkin lima menit. Memeluk anak kecil yang sedang menunggu ibunya membelikan cotton candy yang kukira akan menangis. Dan tersenyum seraya merangkul kakek tua yang kebingungan di jalan.

Ah, sudahlah. Ini adalah lima khayalan konyol sebelum mataku terpejam.

Alhamdulillah aku bisa tertawa dan tidak terasing lagi.