Review Drama Korea A Korean Odyssey (Hwayuki)


Review Drakor A Korean Odyssey (Hwayuki), 2271 kata.


Sudah lama rasanya aku hiatus dari nonton drakor, terakhir itu nonton drakor Black Knight tapi aku mengalami kebosanan di bagian akhir, so hanya 16 episode dan aku langsung loncat ke episode 20 (the end), ya sudah…kuakhiri begitu saja, tanpa permisi. ๐Ÿ˜

Ngomong-ngomong soal kebosanan, aku tipical orang yang cepat bosan. Ya…semoga saja kalau menikah nanti nggak akan bosan dengan misua. *Wadooooooh gawat dah kalau sampai itu terjadi. Jangan jangan, jangaaaaannn! Kata Dilan, itu berat! ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜…๐Ÿ˜†

Eh tapi Lovers, beberapa minggu ini aku enjoy banget sama ni drakor. Kesan pertama waktu lihat pemainnya sih, tidak tertarik. Udah aku skipskip gitu aja waktu dia nongol di jajaran pertama web Drakorindo. Ya…soalnya, tampang Lee Seung Gi sebagai pemeran utama tidak setampan aktor drakor lain, pemeran yang lain juga biasa aja. Tapi di sana loh ya, di Korea Selatan. Kalau di sini mah, yakin…Lee Seung Gi akan jadi cowok terganteng.

Nggak percaya?

Tuh ku kasih fotonya. ๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

Senyumnya menawan Lovers, hihi setuju tidak?ย ๐Ÿ˜

Eh satu lagi…acting-nya super ketje! Ditambah suara doi yang berat dan kalau nyanyi zuppeeeerrrrr syekaleeeee! Ini bisa jadi point plus-plus buat dia. Allah Maha Adil lah ya, buat yang wajahnya tak setampan aktor lain, tapi suara keren, senyum menawan, dan acting ketje itu sesuatu banget.

Dan ternyata Lovers, mrnurut IDN TIMES,ย di episode kedua saja, drakor ini sudah mengalahkan rating si fenomenal Goblin loh, keren kan? Nah makanya, mau tidak mau aku menjadi kepo dan tertarik.

Kesan pertama nonton itu, sekitar hari Minggu jam 11.00 malam, kebayang nggak sih gimana dengan diriku yang takut hantu tetapi nonton film hantu. Dan hantunya Korea itu serem loh Lovers, kalau hantunya nongol, aku tutup layar laptop dengan kertas, begitu seterusnya *parah ni Cinta ๐Ÿ˜…. Tapi tapi tapi, setelahnya pun aku dibuat penasaran, di episode seterusnya, drakor ini sukses bikin aku baper, lucu, dan senang.

So, kalau Lovers juga penasaran sepertiku, langsung saja, review-nya di bawah ini. ๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

***************************************

PROFILE

Titleย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  : A Korean Odyssey (Hwayuki)

Directorย  ย  ย  ย  ย  ย  : Park Hong Kyun

Writerย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย : Hong Jun Eun, Hong Mi Ran

Networkย  ย  ย  ย  ย  ย  : TvN

Episodeย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  : 20

Genreย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  : Fantasy

Release dateย  ย  ย : December 23, 2017 – February 11, 2018

Countryย  ย  ย  ย  ย  ย  ย : South Korea

 

CAST

1. Lee Seung Gi sebagai Son Oh Gong

2. Cha Seung Won sebagai Ma Wang

3. Oh Yeon Seo sebagai Ji Sun Mi

4. Lee Hong Ki sebagai P. K.

5. Jang Kwang sebagai Yoon Dae Sik

6. Lee El sebagai Ma Ji Young

7. Lee Se Young sebagai Jin Bu Ja dan Asanyoe

8. Sung Ji-Ru sebagai Soo Bo Ri

9. Sung Hyuk sebagai Jendral Dong

10. Kal So Won sebagai Ji Sun Mi kecil

SINOPSIS

Cerita ini diadaptasi dari legenda Sun Go Kong (Journey to the West) yang telah diperbaharui dan disesuaikan dengan versi sekarang. Tentu saja, genre fantasy-nya tetap melekat pada drakor ini.

Ji Sun Mi kecil (Kal So Won) dikenal sebagai gadis pembawa sial karena bisa melihat hantu. Karena hal itulah, sejak kecil Ji Sun Mi tidak mempunyai teman. Ke mana pun Ji Sun Mi kecil pergi, ia akan membawa sebuah payung berwarna kuning yang ia gunakan untuk menyembunyikan dirinya jika melihat hantu.

Suatu ketika, ia bertemu dengan Ma Wang yang memang sedang mencari manusia spesial (manusia yang bisa melihat hantu) untuk mengambil sebuah kipas yang terkunci di dalam rumah besar di sebuah hutan yang tak berpenghuni yang sebenarnya adalah gunung Lima Elemen. Ji Sun Mi kecil yang cerdik, tidak ingin melakukan sesuatu tanpa imbalan, oleh karenanya, ia meminta Ma Wang memberikannya hadiah, yaitu payung hitamnya yang telah diketahui Ji sun Mi kecil bisa membunuh hantu dan Ma Wang pun menyetujuinya.

Ma Wang berpesan agar Ji Sun Mi kecil tidak menengok ke belakang, dan jangan mendengarkan apa pun atau siapa pun yang ada di sana. Hanya mengambil kipas itu, kemudian pergi.

Ji Sun Mi kecil sedikit terkecoh oleh kehadiran seorang pria berpenampilan aneh. Ia terus saja berbicara pada Ji Sun Mi tapi Ji Sun Mi pura-pura tidak memperdulikannya.

Namun, ketika payung kesayangannya yang berwarna kuning diambil, Ji Sun Mi tak bisa berpura-pura lagi. Ji Sun Mi akhirnya mengaku bahwa ia bisa melihat Son Oh Gong (Lee Seung Gi).

Son Oh Gong ini ternyata adalah dewa yang sedang dihukum oleh Surga karena membuat onar di Kahyangan.

Familiar kan dengan cerita di bait terakhir? *Yups, benar, jadi Son Oh Gong ini adalah Sun Go Kong di versi Journey to the West yang sedang dihukum di Gunung Lima Elemen. Jadi di sini, Gunung Lima Elemen-nya berubah menjadi rumah besar di dalam hutan yang tak berpenghuni.

Son Oh Gong, meminta bantuan Ji Sun Mi kecil untuk melepas belenggu di kedua tangan dan kakinya, juga di lehernya. Caranya yaitu dengan mematikan lima lilin yang ada di rumah mewah tadi.

Ji Sun Mi yang cerdik kembali berpikir lalu bertanya, “apa yang akan kudapatkan jika aku bisa mematikan kelima lilin itu?”

“Apapun.” Kata Son Oh Gong.

“Bisakah kau menjadi peri pelindungku? Aku selalu diganggu hantu, dan karena itulah aku tidak mempunyai teman. Maukah kau melindungiku dari hantu-hantu itu?” Kata Ji Sun Mi.

“Baiklah, sekarang kemarikan tanganmu. Aku tidak akan pernah ingkar janji, saat kau memanggil namaku, aku pasti akan datang.”

Akhirnya, Son Oh Gong terbebas dari belenggu lima elemen, dan seketika rumah mewah itu menghilang, berubah menjadi lahan kosong yang penuh rerumputan liar.

Son Oh Gong berniat pergi meninggalkan Ji Sun Mi begitu saja. Namun Ji Sun Min mencegahnya dan mengingatkan kembali janjinya.

“Bukankah kau tadi sudah berjanji akan menjadi peri pelindungku?” Kata Ji Sun Mi.

“Iya, aku memang berkata begitu. Tetapi, tidakkah kau mengerti kenapa aku dihukum dan dibelenggu di rumah tadi?”

Ji Sun Mi sedikit bingung dan menjawab, “Kau pasti sangat jahat.”

“Tepat sekali, aku sangat jahat dan karenanya aku dihukum. Bagaimana kau bisa mempercayaiku? Baiklah…tadi aku memang bilang akan melindungimu dari hantu saat kau memanggil namaku. Tapi aku akan mengambil ingatan tentang namaku dari pikiranmu, kau tidak akan bisa mengingat namaku lagi. Sekarang coba tebak siapa namaku?”

Dan benar saja, setelah cahaya berbinar kuning yang merupakan ingatan Ji Sun Mi tentang nama Son Oh Gong terbang ke atas dan menjauh, Ji Sun Mi tidak bisa lagi mengingat nama Son Oh Gong.

Waktu telah lama berlalu. Ji Sun Mi kecil telah mendewasa sekarang. Di usia ke-34, ia masih terlihat muda dan cantik. Banyak hal yang berubah. Ji Sun Mi sekarang sudah tidak takut lagi dengan hantu. Ia malah menjadi pengusaha sekaligus CEO real estate yang membeli rumah-rumah berhantu kemudian dengan kemampuannya yang berani, ia usir hantu-hantu itu, dan kembali menjual rumah dengan harga yang tinggi. Ia juga diberi gelar sebagai Sam Jang, manusia istimewa yang diciptakan Surga untuk mengusir roh jahat dan memiliki darah berbau teratai yang sangat disukai oleh hantu. Sekali ia berdarah, maka seluruh hantu akan mengerubunginya dan siap memakannya. Dan siapa sangka… setelah puluhan tahun berlalu, Ji Sun Mi masih penasaran dengan peri yang berjanji akan melindungi dirinya. Ketika ia sempat, ia akan bertanya pada hantu-hantu yang ia usir dan berhasil ia dijinakkan. Apakah kalian kenal dengan seorang peri lelaki yang sangat jahat?

FB_IMG_1519137073955.jpg

Dan ternyata…Son Oh Gong juga sudah berubah. Ia sekarang menjadi pembasmi roh-roh jahat. Ia mengumpulkan point demi point dengan satu tujuan : agar larangan meminum anggur dari surga dihapuskan. Dia yang menamai dirinya sendiri Dewa Agung setara dengan Surga ini ternyata sangat menyukai alkohol. Di rumahnya yang mewahโ€”Suroemdong, ia mengoleksi berbagai minuman anggur untuk ia minum sekaligus di hari hukumannya dicabut.

Benar-benar alasan sepele ya Lovers? Tidak bisa diterima akal. Ya iyalah, namanya juga kera sakti. ๐Ÿ˜…

Ada lagi Ma Wang, yang telah berubah 90 derajat menjadi orang kaya raya. Siluman kerbau ini ternyata menjadi pembawa acara ajang pencari bakat dan sangat terkenal dengan kata…”kau lolos!” Setiap orang yang tidak diloloskan oleh juri lain, akan diloloskan oleh Ma Wang dengan kata…”kau lolos!” ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

Ma Wang memiliki seorang sekretaris yang sangat setia, siluman anjing bernama Ma Ji Young / Sekretaris Ma.

Selain menjadi host di acara ajang pencari bakat, Ma Wang juga adalah pemilik managemen artis.

PK, atau siluman baby adalah salah satu artis terkenal dari managemennya. Ma Wang juga sama dengan Oh Gong, sedang mengumpulkan point-point untuk menjadi dewa di Surga. Namun bukan untuk alkohol, akan tetapi untuk mendiang istrinya yang dihukum di 99 kelahiran di dunia dan meninggal dengan cara yang sangat mengenaskan. Dengan menjadi dewa, Ma Wang berharap bisa ikut campur tentang takdir manusia dan membebaskan istrinya dari takdir hidup yang mengerikan.

Ada Bu Ja. Gadis cantik yang hidup kembali sebagai zombi karena terkena darah Sam Jang. Ia hidup dengan satu tujuan, menemukan keluarganya dan mencari sebab kenapa ia dibunuh, siapa yang membunuhnya?

Bu Ja sangat dekat dengan PK dan menganggapnya sebagai kakak. Akan tetapi, Bu Ja adalah zombi, jika tidak segera dibakar, suatu saat ia akan menjadi roh jahat. Maka Son Oh Gong selalu mengingatkan, kapan pun Bu Ja bersedia dibakar, Son Oh Gong akan dengan senang hati membakarnya.

Ad Jenderal Dong, pemilik toko ice cream yang merupakan teman akrab Son Oh Gong.

Terakhir, ada Yoon Dae Sik, pemilik perusahaan ternama produksi ponsel yang ternyata lebih senang mengabdi dan menjadi pelayan Son Oh Gong. Ia yang secara fisik lebih tua dari Oh Gong malah memanggil Oh Gong dengan sebutan “hyungnim”.

Scene selanjutnya adalah tentang Ji Sun Mi dan Oh Gong. Kejadian tak terduga pun terjadi. Ji Sun Mi yang terluka tangannya dan berdarah memicu hantu-hantu berdatangan ke rumahnya. Saat itulah, Son Oh Gong datang dan menyelamatkannya.

“Aku datang bukan untuk menolongmu, tetapi aku akan memakanmu. Kau adalah Sam Jang yang akan membuat semua iblis menjadi kuat saat memakanmu. Kenapa bukan aku saja yang memakanmu? Ah, tapi aku akan mendapat hukuman lagi nanti jika kau tidak berkenan. Jadi sebaiknya kuberi waktu kau sampai kau siap untuk kumakan dengan sukarela. Selama waktu itu, aku akan melindungimu.” Kata Son Oh Gong.

Ji Sun Mi, yang terus-menerus ditolong oleh Son Oh Gong, menginginkan agar Son Oh Gong benar-benar tulus melindunginya. Lalu Ji Sun Mi meminta bantuan Ma Wang untuk tujuan tersebut.

Ji Sun Mi memasang gelang Geumganggo pada Son Oh Gong yang harus diaktifkan dengan mencium Oh Gong terlebih dahulu.

Lalu, apa yang terjadi setelah itu?

Son Oh Gong jatuh cinta setengah mati pada Ji Sun Mi. Saat Ji Sun Mi memanggil namanya, Son Oh Gong akan datang. Saat Ji Sun Mi sedih, hati Son Oh Gong akan terasa sangat sakit.

Dan kata-kata yang selalu diucapkan Son Oh Gong adalah…

“Aku mencintaimu Ji Sun Mi” , sambil menyodorkan gelang yang dipakainya.

“Aku mencintaimu Ji Sun Mi, dan aku akan terus mengekor padamu, itu semua karena gelang yang kau pasangkan. Jika kau tidak mau aku terus mengikutimu dan menjengkelkan seperti ini, lepaskan gelang ini, hanya kau yang bisa melepaskannya.”

“Aku mencintaimu Ji Sun Mi, aku tidak percaya aku bisa mengatakan hal bodoh ini dan bahkan semakin hari kau terlihat semakin cantik saja. Tapi saat kau melepaskan gelang ini dariku, aku akan memakanmu.”

Berbagai kata-kata menjengkelkan dari Song Oh Gong justru membuat Ji Sun Mi senang. Ji Sun Mi, tidak pernah memiliki seseorang yang benar-benar peduli padanya. Merayakan malam Natal bersama, jalan-jalan bergandengan tangan ke taman kota bersama, mengunjungi makam nenek bersama, makan permen kapas, ice cream, dan kue beras bersama, bagi Ji Sun Mi, ini adalah untuk pertama kalinya. Dan meskipun perasaan Son Oh Gong itu palsu. Bagaimana ia tidak senang? Bagaimana ia tidak bahagia?

Son Oh Gong tidak menyadarinya. Perasaan palsu itu merayap begitu cepat ke hatinya. Lambat laun, kata-kata Son Oh Gong tidak lagi menjengkelkan. Ia, si kera sakti yang tidak terkalahkan dan suka membuat onar bisa luluh dengan wanita biasa yang tulus dan baik hati bernama Ji Sun Mi. Mereka bahkan saling jatuh cinta.

Son Oh Gong tidak lagi bertingkah menjengkelkan. Kepada Ma Wang sahabatnya, ia jadi lebih terkendali. Kepada Soo Bo Ri, yang notabene adalah gurunya, ia lebih sopan.

Son Oh Gong tidak keberatan lagi dengan perasaannya. Son Oh Gong tulus saat mengatakan, ia tidak ingin gelang Geumganggo dilepaskan dari tangannya, dan puncaknya, mereka berencana untuk menikah. Wow, it was great, I think.

Namun apa yang terjadi jika ternyata keduanya memiliki takdir yang mematikan? Lonceng kematian berbunyi saat Ji Sun Mi berada di dekat Son Oh Gong, itu berarti… Son Oh Gong akan mati dibunuh Ji Sun Mi atau sebaliknya, Ji Sun Mi akan mati dibunuh oleh Son Oh Gong.

Beberapa episode terakhir berkisah tentang Bu Ja yang bukan lagi dirinya. PK yang selalu menghalangi Bu Ja untuk dibakar, memicu roh jahat Asanyeo masuk ke tubuh Bu Ja.

Asanyeo inilah musuh paling kuat. Ia akan memilih seorang pemimpin dan memanggil naga hitam yang hanya bisa dibunuh dengan darah Sam Jang. Bukan semudah memberikan darah Sam Jang beberapa tetes, akan tetapi Sam Jang harus rela ditusuk oleh Son Oh Gong dengan pedang Sam Jang baruslah naga hitam itu bisa mati.

Lalu, apakah Son Oh Gong akan menuruti perintah dari Surga untuk membunuh Sam Jang dengan tangannya sendiri? Sanggupkah ia melakukannya?

Kalau masih penasaran, nontonlah…yakin nggak akan kecewa.

 

KEKURANGAN DRAMA KOREA A KOREAN ODYSSEY (HWAYUKI)

Agak sulit menemukan kekurangan drakor ini. Akan tetapi, sebagai resensor, bukankah harus bertanggung jawab dengan tulisan yang dibuatnya?

Sebentar, beri aku waktu lima menit saja.

Nah, akhirnya ketemu. Kekurangan drakor ini ada di PHP. Iya, benar, PHP yang itu, pemberi harapan palsu. Di awal aku nonton drakor, cuma ada 16 episode loh, aku yakin sekali. Lah tapi pada kenyataannya malah dibuat 20 episode. Apakah ini karena masalah rating yang terus menanjak? *Nebak.com. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜๐Ÿ˜†

 

RATING – PENDAPAT PRIBADI RESENSOR

4/5 untuk drakor ini.

– Untuk psean moral yang sangat kental tentang kebaikan, ketulusan, kesabaran, dan keberanian.

– Untuk selalu mengingatkan bahwa jika kita melakukan sesuatu yang baik dengan kesungguhan, maka takdir yang buruk bisa terlewatkan.

 

REFERENSI DOWNLOAD

Ketik drakorindo Odyssey pada layar pencarian Google, lalu pilih yang Openload, bisa langsung ditonton atau pun di-download, dan sudah ada subtitle di drakornya. Biasanya butuh sampai 3 atau 4 kali klik untuk bisa memutar film karena web akan mengarahkan ke situs lain, abaikan saja, itu hoax, di-close saja dan tetap fokus pada web drakorindo. Selamat berakhir pekan. ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜€

 

TEASER

18 respons untuk โ€˜Review Drama Korea A Korean Odyssey (Hwayuki)โ€™

  1. Wahhh…Seru.
    Udah beberapa kali ditawarkan untuk menonton drama ini, tapi masih menahan diri karen takut kecewa dengan ending drama yang tidak sesuai harapan. Tapi, setelah membaca review ini, jadi tertarik juga.
    Ini drama pertama untuk Lee seung Gi setelah Wajib Militernya ya ?. Sayangnya aku ngak terlalu suka dengan gaya rambutnya Lee Seung Gi dalam drama ini. Jujur deh, ni orang rambutnya ngak pernah benar. Dlu waktu main dram dengan Bae Suzy juga rambutnya di olah gimana gitu.
    Trus, entah kenapa aku ngak tertarik dengan pemeran utama wanitanya. Pertama kali kenal, warna main jadi Ratu di Drama Kolosal Dong Yi, sejak saat itu rada gimana gitu melihat pemeran utama wanita ini (yang aku lupa namanya saat ini).

    Terima kasih reviewnya ya..๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

    Disukai oleh 1 orang

    1. wkwkwk…php itu memang di tayangnya mbak Grant, tadinya 16 knp jd 20? ๐Ÿ˜…

      Q lbh suka ending ini drpd Goblin, entahlah…jatuh cinta saja sm actingnya Le Seung Gi ๐Ÿ˜Š

      Ayo nonton mbak Grant, dan buktikan sndiri. ๐Ÿ˜€

      Suka

  2. Wah, ini review nya panjang banget, ๐Ÿ˜‚

    Cinta ternyata penggemar drakor jg ya…generasi zaman now lkat bnget ya dg semua yg berbau Korea, sampai putriku pun suka bnget, khususnya si grup Twice itu…

    Sy sja kyaknya yg kyaknya kolot bnget sulit tertarik dg korean show aplg drakor..๐Ÿ˜‚๐Ÿ™Š๐Ÿ™ˆ

    Disukai oleh 1 orang

  3. Lee sung gi memang biasa aja mba cuma kalau main drama kebanyakan dramanya hit karna aktingnya bagus si dan sebenernya karna dia ga ada saingan yg lebih ganteng dr dia aja di drama itu ๐Ÿ˜‚. Even endingnya banyak yg disappointed tapi aku legowo menerimanya. Kalau nonton drama lee seung gi puas lah. Eh tvN juga akhir2 ini ngeluarin drama bagus2

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s