Liburan kemana?


Liburan kemana? 659 kata

Iklan

Besok sedang kosong…sedang tak ada acara.

Jadi…kuputuskan membuat acara sendiri saja.

Aku mau rebahan di atas karpet alam, rerumputan hijau yang tertata rapi, mataku yang usil pasti akan mengamati kegiatan hewan-hewan kecil di sana. 

Semut-semut hitam yang berkeliaran bersama kawanannya, mereka tidak menggigit, hanya berjalan dengan cepat, sesekali saling bersalaman. Kurasa mereka saling menyapa dan menanyakan kabar. Setelahnya, aku tebak mereka akan mencari menu apa saja yang bisa dimakan untuk hari ini. Memikirkan apa yang bisa didapatkan induk untuk anak semut yang masih kecil membuatku merasa bahwa aku tak pernah sendirian berjuang. Bahkan makhluk sekecil semut pun, melakukan hal yang sama. 

Belalang hijau dengan kaki panjangnya, dalam bahasa Jawa disebut Walang Kekek. Belalang yang unik menurutku karena suka sekali menunjuk arah selatan, utara, timur, dan barat. Jadi ingat semasa kecil dulu, jika ingin bertanya arah, tanyakan saja padanya. Entah ide konyol itu muncul darimana. Lalu…kami akan saling tertawa dan bahagia saja rasanya bila si Walang Kekek tadi berhasil menjawab dengan benar. Walang cantik, Walang pinter. Hihihi. Masih terngiang bahagia kami kala itu, bahagia ketika usiaku setinggi dua kelinci.

Ah, lagi-lagi, kegiatan sederhana itu akan membuat kedua bibirku terangkat dan membentuk lengkung senyum. Aku bahagia…bahagia yang sederhana.

Kadang jika aku beruntung, hawa pagi yang dingin di jam 05.30 AM itu membuatku bisa melihat kabut putih di sana. 

Ah, eksotik sekali!

Aku mau memanjakan indraku.

Memandangi sang merah saga, cahaya keemasan yang menyeruak ketika matahari mulai terbangun dari peraduan, juga mengamati perubahan yang terjadi setelahnya. Birunya langit yang lapang akan berarak mengganti jingga. Ah, aku suka!

Aku mau merasakan aroma pagi yang lembut. Menarik dan menghembuskannya lagi dengan hidung mungilku.

Bau tanah, bau embun, bau dedaunan, bau udara…bau pagi yang khas yang begitu lembut serupa ice cream atau marshmellow. Aku mau kembali merasakannya. Aku benar menyukainya!

Aku mau memanjakan tumpukan bukuku.

Aku mau memberi hak pada mereka untuk kembali kusentuh, kugenggam, kubaca, dan kuresapi…syukur-syukur, aku bisa menjadi lebih bijak karenanya.

Dan maaf jika percakapan di WhatsApp di atas itu agak konyol. Bagaimana tidak?

Percakapan itu terjadi antara dua orang yang hanya berbeda beberapa meter saja letak kamarnya masing-masing. Bukan bertemu langsung, tapi kami malah memilih tetap rebahan dan chatting. Dan dia, si Risha yang menamakan dirinya sendiri di ponselku dengan Risha Cantik Aneud :* tetiba video call.

Aku tidak menjawab.

Sengaja!

Eh dia video call lagi!

Masih aku cuekin tapi.

Tiba-tiba saja…

Risha : Tante Cinta, kenapa video call Risha nggak dijawab sih? Risha serius tan, bukannya CUMI (Cuma Missed Call).

Cinta : Jiah, tante capek Risha. Habis pulang nih. 😰

Risha : Tapi kan, Risha mau video call, muka Risha kan jadi imut, tan, kalo pake video call…biar tante tahu aja sih, ponakan tante ini kan cantik aneud! 😍

Aku ogah bilang iya.

Dan Risha pun bersungut-sungut sambil berlalu.

Risha : kenapa sih, nggak rela banget bilang ponakannya cantik? Dasar tante pelit!
Apa yang akan terjadi besok saja sudah membuatku tertawa geli. Saat aku serius membaca buku, mungkin dia akan berlenggak-lenggok ria membuat Musically, aplikasi lipsing kesukaannya.

Aku berencana akan membawa dua buku. Berharap dia ikutan membaca juga, bukan cuma berlenggak-lenggok ria.

Tapi…mungkin aku harus mengalah dulu untuk duet dengannya, baru dia mau membaca buku. Biasanya aku mengambil hatinya dengan cara begitu.

Memberi dulu, baru kau bisa menerima. Mengerti dulu, baru kau bisa dimengerti.

Itu rahasia ajaibku yang selalu berhasil padanya, yang membuat si remaja 13 tahun itu lebih lengket denganku daripada dengan ibunya.

Biasanya kalau liburan, aku akan tidur lagi setelah subuhan, karena merasa cuma itu hari yang benar-benar free buat Cinta. Hadiah dari Tuhan yang harus disyukuri dengan “tidur sepuasnya”.

Ah, semoga saja besok tak tertidur lagi.

Oh ya, Golf yang kumaksud di atas adalah sebutan untuk Botanical Garden Jababeka II

Besok Lovers kemana? Adakah rencana liburan? Atau mau menghabiskan waktu bareng Cinta? Boleh…boleh sekali. 😊

👇👇👇👇 alamatnya.

Botanic Garden
Jababeka Center, Hollywood Plaza No. 10 – 12, Jalan H. Usmar Ismail, Cikarang, Sertajaya, Bekasi, Jawa Barat 17530
(021) 2851804

https://goo.gl/maps/CHKNaGJVdyJ2

Dan ini video kenangan bareng sahabat Cinta1668 di sana beberapa bulan lalu.

8 thoughts on “Liburan kemana?

  1. Didi rebahan aja di rumah sama Mr. Art. Abis mau keluar cuaca di sini lagi mendung syahdu gitu. Mau ikutan nimbrung kak cinta kejauhan kudu booking tiket pesawat dulu. Ah mungkin nanti kalau sudah sampe Indonesia lagi didi mau nimbrung.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s