5 Tips Jitu dalam Menjalin Persahabatan


5 Tips Jitu dalam Menjalin Persahabatan, 1598 kata

Iklan

5 Tips Jitu dalam Menjalin Persahabatan
Gambar didownload dari Google

Assalamu’alaikum Lovers,

Weekend Minggu ini kemana?

Mmmm…kalau masih bingung mau kemana, yuks jalan bareng Cinta, mau?! *__*

Mau mau…! Kapan kita kemana, Cinta?

Ya nggak usah kemana-mana. πŸ˜…

Jiaaaahhhh, ZONK doank nih, huuuuu huuuuu huuuuuu…! πŸ‘ŽπŸ‘ŽπŸ‘ŽπŸ‘ŽπŸ‘Ž

Yeeee, bukan ZONK koq, makanya dengarkan dulu…Ayuk kita duduk manis, sambil leyeh-leyeh (baring) juga boleh. Atau sambil menikmati kopi hangat atau teh hangat setengah manis favoritnya Cinta juga boleh. Tapi nggak boleh baca koran, nggak boleh baca buku, apalagi novel…NGGAK BOLEH! @__@

Lah koq, pake acara ngelarang-larang segala? Kenapa memangnya, Cinta?

Kalau Lovers baca yang lain, postingan ini nggak bakalan dibaca dunk. Ya nggak…ya nggak? 😝

Haha, smart girl! Kadang-kadang doank tapi! πŸ˜›

Cuma butuh waktu lima menit koq buat baca postingan ini. Lalu…nanti di kolom komentar, Cinta juga akan memberi kesempatan pada Lovers buat curhat dan cuap-cuap sebebasnya. Cinta baca, Cinta balik komen, kalau yang dibahas makin seru, makin sambung-menyambung bukan, komennya?. Seru kan? Haaaaaaaa…! πŸ˜ƒπŸ˜‰πŸ˜„

Sebenarnya Minggu pagi ini, Cinta mau jalan bareng ponakan…tapi berhubung tidak boleh sama bigboss (mbak Is, kakak kandung Cinta yang bisa galak buanget kalau adek dan anaknya nggak mau nurut). Ya sudahlah…bikin postingan lagi saja.

Kali ini, berikan Cinta waktu beberapa menit saja untuk berbagi tips perihal persahabatan. Mau tau? 😎 Langsung saja… Check this out yeah!Β 

πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

1. Merasa

Apa maksudnya ini, Cinta? Tiap orang pasti merasa lah, kalau tidak merasa berarti udah tiada. *up’s πŸ˜…

Ya ya ya…Cinta tahu. Perihal “merasa” ini memang universal. Makanya Cinta buat spesifik lagi dengan 1 syarat. Baca lebih lanjut postingan ini. Jangat berkedip ya, jangan jangan jangan jangan jangan! Dilarang kedip. 😁 Stay tuned! 😎 Tetep baca. Titik nggak pakai koma! 😝 *Jiah maksa. πŸ˜‚πŸ˜…πŸ˜

Merasa ia adalah diri-sendiri, duplikatmu yang akan tersakiti jika kau sakiti, yang akan bahagia jika kau buat bahagia;

Merasa memiliki;

Merasa bahwa kita butuh, jangan egois;

Merasa tidak lengkap tanpanya-coba saja biasa bareng terus jalan sendiri…Adakah seseuatu yang hilang?;

Merasa keberadaannya : hargai, sayangi, dan cintai;

Merasa nikmat Allah selalu, jangan iri! Karena semua nikmat itu tidak pernah tertukar, jangan tanya tentang keadilan Allah. Semua ada koq, semua sesuai koq, semua akan datang pada saat kamu membutuhkan, meski tak sesuai dengan yang kamu doakan.

2. Being Ekstrovert

Jiah…ini koq mojokin buanget sih, Cinta. Gimana kalau aku introvert? Maksudmu introvert itu jelek ya? Nggak bisa dapat sahabat, gitu maksudmu! Wuahhh. SARA banget ini postingan. Hmmm. 😣😲😱

Bukan bukan bukan. Tuh kan, salah paham lagi? Bukan gitu maksud Cinta. Cinta tahu, kepribadian itu tidak bisa diubah. Ekstrovert – Introvert. Tidak ada yang salah antara keduanya. Semua ciptaan Allah lho. Pasti ada lebihnya, ada juga kurangnya. Saat kamu menjelekkan sifat yang lain, gimana kalau dibalas dengan menjelekkan sifat yang ada di dirimu sendiri? Sakit bukan? Tidak mau bukan diperlakukan seperti itu?

Kalau tidak mau dijelekkan ya jangan menjelekkan;

Kalau tidak mau terlukai ya jangan menyakiti;

Simple saja sih, Lovers…sebenarnya polanya cuma 1, MULAI DARI DIRI-SENDIRI.

Menjelekkan salah satu sifat, dengan menonjolkan sifat yang lain, bukankah itu sama saja dengan mengejek ciptaan Allah? Berani memang? Masih berani begitu? Wuah hebat banget kalau begitu. Tapi…kalau Cinta sih milih nggak berani. 😁

Cinta sependapat denganΒ artikel ini. Cowok introvert biasanya suka cewek ekstrovert. Dan sebaliknya, cewek ekstrovert seperti Cinta lebih menyukai cowok introvert.

Itulah sebabnya. Tidak ada yang salah. Tidak juga akan mendebat. Satu sisi itu milik Cinta. Satu sisi lagi, milik kepribadian seseorang di masa depan Cinta kelak, aamiin aamiin, semoga. \^__^/

Back to that point.

Ekstrovert kadang diperlukan untuk menjalin persahabatan. Ia, si ekstrovert biasanya akan memulai lebih dulu. Namun jangan khawatir, bukan berarti Lovers yang introvert tidak akan bisa bersahabat. Jika Lovers adalah introvert, maka Lovers adalah bagian yang didekati. Kan sudah ada rumusnya di atas πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†. Ekstrovert dalam bentuk sahabat akan datang dan mendekati si introvert. Then…Finished! *.__*b


3. Mengalah

Mengalah itu…bukan berarti kalah;

Mengalah itu tidak memalukan;

Mengalah itu kadang menimbulkan perasaan sayang;

Dan bukan tidak mungkin, pada saatnya…mengalah akan menjadi kemenangan!

Ada persoalan kemarin sebenarnya.

Cinta sudah janjian bareng sahabat kuliah, akan nobarΒ Beauty and The BeastΒ awal bulan nanti.

Tapi…ada lagi teman kantor, dua orang yang ngajak nobar dengan judul film yang sama.

Bingunglah Cinta, harus gimana ini? Sama-sama sahabat, ya toh?

Eh…belum selesai kebingungan Cinta.

Ucluk ucluk ucluk…(sekonyong-konyong), si centil Risha yang pernah nangkring diΒ postingan kemarinΒ datang. Deket-deket sambil meluk-meluk manja gitu.

Tante Cinta, nobar yuks!

Nobar apaan, emang ada film R13 gitu?

Ada, itu loh tante, film Beauty and The Beast, bagus loh tante Cinta. Ayo nonton!

Kan kan kan…bingunglah diriku. @__@

Akhirnya Cinta bilang ke Risha. Kalau film itu pasti ada adegan kiss-nya. Jadi tidak boleh di bioskop, nanti nonton di laptop saja. Kalau sudah ada filmnya, akan Cinta download-kan.

Masalah Risha finished.

Terus…untuk dua masalah pertama…baiklah baiklah.

Nonton di Cineplex Rp. 50.000,- bareng Kha hari Sabtu sore.

Nonton di Cinemax Orange County Cikarang sehabis pulang kerja Rp. 35.000,- bareng sahabat kantor.

Kalau keduanya masih menginginkan nobar dengan Cinta. Maka…ya sudahlah, nobar dua kali. Selesai bukan? Tapi jika salah satunya ada yang gagal duluan, ya…alhamdulillah. πŸ˜€

Apa susahnya membuat sahabat senang. Bukankah uang Rp. 85.000,- tidak akan pernah bisa menggantikan harga dari sebuah persahabatan?

Jadi kalau ada kasus seperti πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†. Mengalah sajalah. Mengalah untuk senang.

Karena apa?

Karena jika mereka bahagia, Cinta1668 juga bahagia. 😊

4. Memaafkan

Yang namanya sahabat itu…nggak seru kalau mulus-mulus saja. Nggak seru kalau adem-adem saja. Sekali-kali harus ada letupan kecil. Sekali-kali harus ada beda pendapat sampai adu mulut meskipun sekedar di chatt. Sekali-kali perlu diem-dieman karena marah sudah memuncak! Sekali-kali. Cobalah. Sekali-kali.

Kalau sudah berantem dan diem-dieman. Nanti sadar.

Koq aku sendirian ya?

Koq nggak jalan bareng sama dia, ada yang beda ya?

Koq aku nggak punya sahabat yang kayak dia?

Koq aku ngerasa kehilangan ya?

Koq…

Koq…

Koq…

dan koq koq koq lainnya…

Akhirnya nyadar kan, betapa berharganya seorang sahabat. Betapa tanpanya aku akan kesepian, hampa, dan sendiri. Merasa ditinggalkan.

Jika sudah merasa begini, pasti langsung buka HP, atau telepon. Lalu cepet-cepetan deh minta maaf.

Hayooo siapa yang pernah mengalami ini? Hayo ngakuuuuuu…! πŸ˜…πŸ˜πŸ˜‚

5. Jangan Under Estimate dulu…kan belum tahu!

Khusus point terakhir ini, Cinta mau share sedikit pengalaman pahit Cinta. Pengalaman jelek Cinta yang semoga jangan sampai ada yang meniru. Jangan sampai…jangan sampai…jangan sampai…astaghfirullah. 😒.

Jadi, dulu, Cinta pernah bekerja di Perusahaan milik JepangΒ di bagianΒ Inventory Control. Nah pada saat itu, ada seseorang yang ingin, ingin ingiiiiin banget jadi sahabatnya Cinta.

Sebut saja dia Mawar (nama samaran). Nah, si Mawar ini adalah anak baru dan Cinta diberikan kesempatan untuk mengajari Mawar, tentang apa saja yang perlu ia kerjakan. Jujur, salut waktu itu sama Mawar, cerdas choy! Diajari sekali langsung bisa. Beberapa kali mengajari anak baru, baru kala itu Cinta merasa puas, terpuaskan sekali, sungguh!

Tapi… ada yang kurang sreg karena ternyata si Mawar ini punya indra ke-6 dan selalunya bicara hantu. Ini agaknya Cinta hindari. Cerita serem selalu menimbulkan kesan mendalam di hati Cinta yang super-duper penakut. *Itu dulu…please notice that! Sekarang udah nggak takut, udah kebal, alhamdulillah. πŸ˜‚πŸ˜…πŸ˜.

Nah, singkat cerita…ini anak kalau jam istirahat selalu ngejar-ngejar Cinta. Berasa sekali, kalau makan, dideket-deketin. Ke toilet, eh ia ngikut. Ke Mushola, ngikut lagi. Waktu itu Cinta bilang, udah nggak usah ditunggu, Cinta masih lama, mau tidur dulu sementara Mawar belum makan, makan saja dulu. Eh dia rela nggak makan loh, setengah jam nungguin Cinta. OMG! 😲

Terus-menerus begitu. Berhari-hari. Berminggu-minggu. Masya Allah. Hebat banget semangatnya. Koq ya sabar banget nungguin Cinta yang…yang…yang…ah, malu ngomongnya, yakin! Yang nggak nyadar ada seorang sahabat special sekali yang ditakdirkan Allah bersamanya.

Pikiran Cinta waktu itu…

Ya Allah, seandainya Mawar itu berubah kelamin jadi cowok cakep…aku mau deh punya pacar kayak dia. Huwaaaaaa…! πŸ˜‚πŸ˜…πŸ˜

Terus, Lovers. Lain hari, sehabis sholat dhuhur di Mushola, tiba-tiba saja Cinta di-stop sama Mawar. Cewek ini nangis kenceng. Di situ, banyak orang choy! Masya Allah… @__@

Kenapa sih mbak Cinta nggak mau sahabatan sama Mawar? Apa karena Mawar jelek? Apa karena Mawar itu anak baru? Atau karena alasan lain mbak Cinta? Tolong jawab pertanyaan Mawar, Mawar janji akan merubah semua kejelekan Mawar asalkan mbak Cinta mau jadi sahabat Mawar.

Terus Mawar nangis lagi, sampai sesenggukan, Lovers.

Astaghfirullahal’adzhiim…saat itu Cinta ngerasa salah banget, Lovers.

Cinta kenapa merasa jadi jahat banget. Hanya karena Mawar ini indigo. Cinta nggak mau bersahabat. Cinta under estimate. Cinta sudah salah banget. Beneran ngerasa jahat banget waktu itu. Cinta merasakan ketulusan Mawar lewat matanya yang basah dan berair tak henti-hentinya waktu itu.

Terus akhirnya Cinta meluk Mawar. Dan bilang…

Maaf ya sayang, maafin mbak Cinta ya. Mawar nggak ada kekurangan, nggak ada yang perlu diubah. Ayo kita sahabatan mulai sekarang.

Beneran mba Cinta mau jadi sahabat Mawar?

Iya…lalu nggak terasa saat memeluknya, Cinta juga ikut menangis.

Dan yang menyaksikan kejadian di Mushola waktu itu…kebingungan. Ada yang tak mengerti. Ada juga yang tersenyum bahagia.

Mawar sudah menikah kini. Alhamdulillah kabar terakhir darinya, kudengar ia bahagia.Β 

Ia seorang mualaf keturunan Chinese…karena kemampuannya melihat hantu, ia sudah mencoba lima agama di Indonesia. Dan katanya…

Hanya doa dari Al-Quran yang membuat syeitan itu gentar dan menjauh dariku, mbak Cinta.Β Aku menyaksikannya sendiri, dengan kedua mataku ini. Karena itu, aku tak ragu memeluk Islam dan tidak akan pindah agama lagi. Insya Allah meski aku satu-satunya muslim dalam keluargaku, aku akan mempertahankannya hingga aku mati.

Ada saja ilmu yang sahabat berikan untuk Cinta. Mawar salah satunya. Ia menambah keyakinanku terhadap Al-Quran. Terimakasih Mawar sayang, di mana pun dirimu sekarang, semoga selalu bahagia, aamiin. πŸ˜‡

Dan, Lovers… Itu saja yang ingin Cinta sampaikan di Minggu pagi menjelang siang ini. Semoga bermanfaat.

Masih boleh komen seperti biasa di kolom komentar. Ingin berbagi kisah perihal sahabat? Silakan saja. Atau ada pendapat lainkah? Boleh…. Tentu masih boleh. πŸ˜‰

Salam dan jangan lupa bahagia,

Cinta1668

\^__^/

26 thoughts on “5 Tips Jitu dalam Menjalin Persahabatan

  1. aku dulu punya sahabat,udah klop banget, sampe kita selalu cmburu ama pacar masing-masing :P, sampe pernah ada kata-kata “uangku/barangku juga uangku/barangmu”, liburan bareng kmna-kmna sampai tiba-tiba negara api menyerang terus ngejauh gitu aja dan teryata sakitnya lebih parah ya dri diputusin pacar 😦 dan sejak saat itu aku membatasi diri untuk percaya terlampau jauh sama temen, jadi klo temen deket ya deket aja,curhat ya curhat aja, udah berasa gak punya sahabat lagi sejak saat itu tpi lebih enak aja, hahaha πŸ˜€ eh maaf jadi curhat 😦

    Disukai oleh 1 orang

    1. Ga apa mbak Kunu, curhat sangat dipersilakan di sini…koq Cinta ikut sedih dgrin curhat mbak Kunu. πŸ˜₯

      Tp ga smua shabat bgtu koq mbak. Ada slg berantem tp ga thn trs slg maaf2an. Biasanya habis berantem lbh erat lg hubungannya. Mgkn kbtulan sja negara api itu muncul dg tnpa permisi dg niat menghancurkan.

      Ya memang mbak Kunu. Pacar tuh kl putus ngejauhin, justru pd saat itu shbatlah yg membantu. Itu point plus nya. 😍

      Cinta doakan ya mbak, smga mbak Kunu nnt dpt shbat lg. Pst adlah yg ditakdirkan selain pasangan, selain keluarga yg akan dkat sm qt. Pst ada mbak Kunu…hnya mgkn skr blm saatnya sja.

      Disukai oleh 1 orang

      1. mau aku aminin tapi udah males juga punya sahabat, ngersa enak sekarang ini cin, udah males sedih-sedih, udah kyak dikhinati gtu kemarin jdi suakit dan buat mles bgt e 😦
        btw mkasih ya cin doanya :))

        Disukai oleh 1 orang

      2. aduh mbak Kunu…smga sakitnya sgera smbuh ya mbak. Jgan sakit2 hati lg mbak, biasanya stlah sakit dtg bahagia loh mbak…Doa Cinta yg terbaik buat mbak Kunu. Aamiin πŸ˜‡

        Suka

  2. Hai kak Cinta, salam kenal~ πŸ™‚

    Btw kak, aku orangnya introvert. Dan benar kata kak Cinta, suatu hari ada seorang ekstrovert datang dan jadi sahabat aku, hehe πŸ˜€ Kita udah bersahabat selama kurang lebih 2 tahun, tapi aku justru merasa kalau dia ini, ng…. agak keras kepala. Nah karena itu aku jadi sering mengalah ketika ada masalah sama dia… Terus, karena merasa sering mengalah aku jadi melawan dan akhirnya kita berantem deh 😦

    Walau setelah itu kita nggak saling minta maaf kita baikan dengan sendirinya (apa harus minta maafkah?) tapi kadang aku kepikiran, apa di hatinya masih tersimpan dendam? Dan itu membuat aku nggak bisa tenang.
    Menurut pendapat kak Cinta, gimana caranya supaya dia bisa lebih menyadari kesalahannya (atau aku yang salah ya?) dan hubungan kita bisa lebih baik lagi? Dan apakah aku juga perlu berubah?

    Sekian kak, maaf kalau kebanyakan pertanyaan, hehe… Arigatou~ πŸ™‚

    Disukai oleh 1 orang

    1. Salam kenal Nekochan, makasih sudah mampir komen dan follow blog Cinta 😊

      Kalau msh ada yg mengganjal di hati lbh baik diutarakan. Spengetahuan Cinta, ekstrovert itu memang kdg keras kepala, kyk yg nulis postingan ini, tp dia sbnrnya sadar koq dg ke-keras kepalanya dia. Kabar baiknya adlah, mskipun ekstrovert kdg keras kepala, dia ini ga mudah tersinggung…cb bilang dg baik2 sja semisal…
      Hei, aku boleh ngomong ga sesuatu ttg kamu, tp dg 1 syarat, jgn marah ya? Lalu sebutkan uneg2mu perlahan, insya Allah ekstrovert ngerti koq 😊

      Atau bs dimulai dg diri-sendiri…pancing si ekstrovert utk menilai kekurangan dirimu…lalu gantian Nekochan bilang ke ekstrovert…
      aku sebenarnya jg ada yg mengganjal loh ttg dirimu, boleh ga gantian q yg ngomong, nanti biar qt slg mmperbaiki ke dpannya nanti.

      Kduanya udah prnah Cinta praktekkan utk introvert, dan mereka alhamdulillah ga tersinggung. Kalau hal ini diterapkan pd ekstrovert sekalipun dia keras kepala, maka akan lbh mudah lg.

      Dimaafkan utk pertnyaannya. 😊

      Ayo semangat semangat…saatnya memperbaiki dan pererat lg tali persahabatan. Smoga berhasil 😊

      Suka

  3. Benar juga ya kak cinta, kita gak boleh underestimate orang lain karena ujung-ujungnya bisa nge judge orang itu seperti ini atau seperti itu meskipun kita belum mengenalnya. Oh ya salam kenal ya kak.

    Disukai oleh 1 orang

  4. Hhmmm…berasa bnget tiap kli baca postingan2 Cinta. Smua ttg prasaan. Ya, hidup emang about feeling. Ttg rasa. Ttg emosi..

    Dialog sekaligus monolog silih brganti dlm gya Cinta brkisah, tipe cewek bnget..tp keren2…sya suka..

    Trkait 5 tips Cinta di atas, smuanya bgus dan patut diapliksikan. Cuma untuk sy sndiri emang dikit brmslah dg poin “memaafkan”. Entahlah, urusan memaafkan emang baik, tp mengalaminya/mnjlaninya tak semudah mngetahui mknanya. Butuh proses dan komitmen untuk membina diri yg bsar memang.

    Tips Cinta ini bnar2 jitu dlm prsbhatan, saya stuju. Dulu sya pny mslah dg sahabat, prnah skian waktu gak negur, tapi kmi seiring waktu kmi sling menyadari bhwa kmi saling mmbutuhkan. Tapi sy tdk mengucapkan scra verbal klo sya menyesal, tapi scra sikap dia tahu klo sya minta maaf. Dan sjak saat itu, relasi kmi smkin baik.

    Disukai oleh 1 orang

    1. hehe mkasih sblumnya krn dibilang keren mas Desfortin…padahal tulisan Cinta masih jauh dr smpurna. πŸ˜…

      iya benar…intinya adalah hidup ini sungguh tak lgkap tanpa seorang shabat 😊

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s