Membaca puisi apik pak Sapardi Djoko Damono – Tentu, Kau Boleh


Puisi dan kamu, 174 kata

Iklan

Tentu, Kau Boleh
Gambar diedit dan di-download dari Picsart

Tentu, Kau Boleh

Tentu. Kau boleh saja masuk, masih ada ruang di sela-sela bulir darahku.

Tak hanya ketika rumahku sepi, angin hanya menyentuh gorden, laba-laba menganyam jaring, terdengar tetes air keran yang tak ditutup rapat; dan di jalan sama sekali tak ada orang atau kendaraan lewat.

Tapi juga ketika turun hujan, air tempias lewat lubang angin, selokan ribut dan meluap ke pekarangan, genting bocor dan aku capek menggulung kasur dan mengepel lantai.

Tentu. Kau boleh mengalir di sela-sela bulir darahku, keluar masuk dinding-dinding jantungku, menyapa setiap sel tubuhku.

Tetapi jangan sekali-kali pura-pura bertanya kapan boleh pergi atau seenaknya melupakan percintaan ini.

Sampai huruf terakhir sajak ini, kau-lah yang harus bertanggung jawab atas airmataku.

*Teruntuk seseorang yang mungkin sedang memperhatikanku dari ujung sana. Maaf karena Cinta bukan manusia sempurna. Cinta masih dan kadang teringat masa lalu. Orang bijak bilang, itu manusiawi. Tapi Cinta akan berusaha, membuka ruang di hati ini dengan cara yang diridhoi-Nya. Semoga akan ada banyak kenangan denganmu, kenangan-kenangan indah yang akan menghapus kenangan sedih di masa laluku. Aamiin. 😇

17 thoughts on “Membaca puisi apik pak Sapardi Djoko Damono – Tentu, Kau Boleh

      1. Itu gak mungkin. Yg abadi adalah sifatnya Tuhan. Yg datang ke manusia cuma bersifat sementara hua ha ha……. tunggu aja, klo udah sembuh ingat2 lagi kejadian ini, ntar bakalan lucu.
        #Kagum dengan kata2 sendiri.

        Disukai oleh 1 orang

      2. Wua ha ha…. Banyakin aja sendiri ntar lama2 bakal nggak punya perasaan apapun ketika berhubungan dengan orang lain. Saya aja kebablasan senduriannya, jadi benar-benar nggak punya rasa lagi klo hubungan sama orang lain.

        Disukai oleh 1 orang

      3. Yaitulah saya. Dunia saya sepi. Paling pas baca buku baru punya perasaan-perasaan seolah benar-benar hidup. Gitu aja dunia saya. Lagian saya ini takut sama orang. Jaman sekarang banyak yg jahat.

        Disukai oleh 1 orang

      4. kl ada org yg jahat hadapi sja mas Shiq.

        Mmm kl Cinta sndiri punya sifat “api” karena lahir hari Selasa, ini sih mitos orang Jawa. Jadi maklumlah kl sifat Cinta jadi seperti per, ditekan sekali dua kali ga apa2 mas tp bgtu ditekan berkali-kali akan mental dan membalas org yg mmbuatnya sakit hati. Itulah jeleknya Cinta. Tp kl dipikir lg, mgkn ini cara survive kali. Jadi ya nikmati sja. Mgkn akan ada org yg ga bruntung di luar sna kl sudah menyentuh sifat api-nya Cinta. Hehe.

        Mas Shiq nyantai saja mas. Smga nnt bs ktmu yg bs mengerti mas Shiq ya mas.

        Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s