Aku dan bayang-bayang


Puisi Aku dan Bayang-bayang

Puisi Aku dan Bayang-bayang
Picture by me

Aku dan bayang-bayang oleh Cinta1668

Aku pernah menunduk di kerumunan memperhatikan bayang-bayang.

O, kumohon jangan tanya kenapa. Itu hanya sekedar kebiasaan jelekku saja. Asal tahu saja, aku yang aneh ini bisa merenung di mana pun aku berada, sekali pun itu di keramaian. Menenggelamkan diri pada bacaan, memejamkan mata sejenak kemudian menarik nafas dalam memperhatikan sekitar atau hanya menunduk saja ketika berjalan memperhatikan bayang-bayang.

Ada hal menarik ketika aku memperhatikannya. Kutahu kemudian kalau ia adalah sesuatu yang diam, mengikuti ke mana pun aku berjalan. Ia tak suka mengusik. Namun hari itu samar-samar kudengar ia berbisik :

“jika kau ingin menengok ke arahku, tengoklah aku, ambil pelajaran apa pun yang berharga dariku, tapi kumohon…sebentar saja, lalu melangkahlah lagi. Aku tak ingin membebanimu. Lalu…jika di sela waktu “berjalanmu” kau merasa lelah, kau boleh menengokku sekali lagi. Kau masih boleh. Tentu aku takkan marah, itu adalah hal yang tak bisa kulakukan padamu, tidak akan pernah. Namun setelahnya kau harus melangkah lagi. Lagi. Lagi. Dan lagi. Lupakan aku, kelak…aku yakin kau akan menemukan kedamaian tanpa harus menengok ke arahku lagi.”

Ah, bayang-bayang…indah sekali kata-katamu itu, terimakasih.

Tapi…kalau boleh, aku ingin menanyakan 1 hal padamu. Kapan itu? Kapan hari itu datang? Hari di mana aku tak lagi menengok ke arahmu?

Aku rindu. Rindu. Rindu. Rindu. Terkadang aku rindu sampai sesak dan ingin menangis,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Kumohon, akhiri tanda koma yang banyak itu dan jadikan satu tanda titik saja. Agar jiwaku tenang, agar hatiku tak lagi merasa gamang.

21 thoughts on “Aku dan bayang-bayang

Tinggalkan Balasan

