Tak Bisa Tidur


Dini hari ini yang dingin, kucoba membuka jendela kamarku dan hembusan angin kurasakan getir menyentuh kulitku, bertambah dingin.

Sengaja! Aku ingin hatiku beku…karena dengan beku aku tak bisa merasakan apapun lagi, termasuk “cinta”.

Mungkin aku salah memakai nama “Cinta” di WordPress ini. Ya, mungkin begitu, mungkin nama ini terlalu berat untukku, aku jadi pecandu cinta yang tak berhenti memikirkannya juga tak bisa mencintai yang lain.

Aku suka disayang, aku suka dimanja…tapi kenapa dengan yang lain aku tak bisa?

Dua malam ini aku hanya diam saja, tak bergeming memandangi ponsel hp yang berdering berkali-kali dengan 1 nama yang masih sama tertera di sana.

Maaf, Cinta ingin sendiri…sendirian saja malam ini.Β Cinta perlu merenung, perlu berpikir lagi.

Sudahlah Cinta, jangan cengeng, berhenti cengeng! Jadilah lebih dewasa sekarang…layar ponselmu sudah penuh dengan bulir, sampai kapan akan begini? Sampai kapan akan seperti ini?

Rasanya, kalau boleh meminta pada-Nya, aku ingin menjadi asap sekarang, asap putih yang mengepul ke atas, semakin ke atas dan menuju langit. Aku ingin memperhatikan lagi kehidupan manusia-manusia malam sejenak saja.

Mengamati mereka dari langit, tentunya.

Kubayangkan ada gadis kecil di bawah kolong jembatan bersama kakak laki-lakinya, tidur hanya beralaskan kardus bekas dan sesekali menggigil kedinginan. Lalu, aku akan turun mendekati mereka, menyerupa asap…semakin mendekat, mengitarinya, agar mereka tak kedinginan lagi.

Di sudut lain, di depan sebuah toko kecil, aku menemukan gambar berbeda. Ada ibu-ibu pengemis menggendong adek bayi. Pecah tangisnya menggelegar di tengah sunyinya malam. Namun, kesunyian tak berhasil membawakannya sebotol susu. Si ibu yang semakin pucat mukanya, menahan lapar, air susunya tidak keluar. Oh, ibu yang baik, maaf, Cinta kali ini hanya sebuah asap, apa yang bisa Cinta lakukan untuk ibu? Asapku tidak bisa menyerupa susu, doakan aku ibu, semoga kelak aku bisa dengan tegar mewujud diriku, untuk memberikan ibu susu, hingga adek bayi tak menangis lagi.

Di sebuah tempat yang sempit, di antara dua rumah di lingkungan kumuh. Ternyata, ada seorang pemulung kecil sedang asyik menghitung uang hasil jerihnya hari ini. Aku yang serupa asap mengamatinya dari jauh. Ah, tapi tak tahan juga untuk mendekat. Akhirnya aku mendengarkan ia berbisik lembut,

Ah, bayaran buku dua hari lagi, sementara uangku cuma segini, mana cukup?

Lalu si pemulung kecil menggaruk-garuk kepalanya dan berkata lagi di dua menit selanjutnya,

Kenapa bingung? Kalaupun tidak cukup, aku bisa mencari sampah lebih banyak esok hari. Ya, pasti bisa! Aku harus bisa, aku mau sekolah!

Lalu, aku tak tahan juga untuk tak melingkari tubuh mungilnya, kuharap asapku akan menghangatkan, memberi semangat pada ia yang lelah.

Aku tertampar oleh khayalku sendiri.

Ternyata, begitu banyak yang aku lewatkan karena sebuah kata “cinta”.

Astaghfirullahal’adhiim…3x

Besok aku akan berkeliling lagi, menjadi asap lagi, atau menyerupa udara, atau apa saja, agar aku tersadar atau tertampar lebih keras lagi!

*di sela menghabiskan baterai HP yang tinggal 10% menjadi 3%, jika menjadi 0% dan tulisan ini belum terbit, berarti belum waktunya postingan ini terbit, jika memang sudah waktunya terbit, berarti ini keberuntunganku.

Mungkin cinta juga begitu, hanya perlu menunggu peruntungannya, agar bisa kembali bertemu!

Ah, semoga, masih ada akhir indah untukku!

7 thoughts on “Tak Bisa Tidur

  1. aku ngerti perasaan Cintaa, yang jelas nggak ada yang perlu disesali dari semuanya Cinta.. Allah pasti juga beri kita kesempatan perasaan itu untuk satu pemahaman dan pengertian, seperti tulisan cinta ini :”)

    ijin share kutipan yaah:

    Cintailah kekasihmu sekedarnya saja, siapa tahu nanti akan jadi musuhmu. Dan bencilah musuhmu sekedarnya saja, siapa tahu nanti akan jadi kekasihmu. —Ali bin Abi Thalib

    Disukai oleh 2 orang

    1. makasih Toro Cinta terharu bca komen Toro 😒πŸ˜₯😭.

      iya boleh, silakan, kutipan itu jg prnah Cinta bca, tp malangnya Cinta hnya bca sja, tnpa mempraktekannya.

      Knp sih, Cinta jd gadis dg msa lalu lg? Pgn gtu kl suatu saat Cinta jd gadis dg msa dpan 😁.

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

